TEATER PENDOPO MAN 1GRESIK RAIH GELAR JUARA 2 DAN PENAMPILAN TERFAVORIT DALAM AJANG FESTAKARSA 2023 YANG DISELENGGARAKAN FIB UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Prestasi terus menghampiri MAN 1 Gresik. Prestasi terbaru madrasah yang beralamat di Jalan Raya Bungah nomor 46 Bungah Gresik tersebut berhasil dipersembahkan oleh salah satu ekstrakurikuler di bidang seni peran. Ekstra yang beprestasi tersebut yaitu Teater Pendopo MAN 1 Gresik.

Teater Pendopo MAN 1 Gresik sukses meraih juara 2 dan penampilan terfavorit dalam ajang Festakarsa 2023. Festakarsa merupakan festival yang diselnggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Kompetisi yang diikuti oleh berbagai komunitas teater tersebut berupa pengiriman video penampilan monolog yang diunggah di akun youtube masing-masing peserta dengan harus menampilkan hastag sesuai dengan ketentuan dari panitia Festakarsa 2023. Selain penilaian berdasarkan penampilan yang disajikan oleh peserta, penilaian juga didasarkan atas jumlah like dan komen.

Dalam Festakarsa yang pengumuman pemenang baru saja diumumkan pada 12 Desember 2023, MAN 1 Gresik menampilkan naskah monolog berjudul Balada Sumarah. Dalam naskah Balada Sumarah, Teater Pendopo menampilkan salah satu tokoh yang bernama Sumarah yang diperankan oleh Dina Shouniyah. Dalam video berdurasi 15 menit 7 detik tersebut mengisahkan ketidakadilan yang diterima oleh Sumarah selama hidup. Penderitaan itu bermula dari ayah Sumarah yang dituduh sebagai anggota PKI. Stigma anak seorang PKI pun berlanjut hingga Sumarah dewasa. Stigma tersebut pun mengakibatkan Sumarah dipandang negatif oleh masyarakat. Akibatnya ia mendapatkan diskriminasi dari berbagai kalangan.

Atas prestasi tersebut, kepala MAN 1 Gresik mengapresiasi atas karya Teater Pendopo yang berhasil meraih juara 2 dan penampilan terfavorit pada ajang Festakarsa 2023. Menurutnya pendidikan maupun transfer ilmu pengetahuan tidak hanya sekadar ceramah, namun dapat pula melalui penampilan karya seni peran seperti penampilan teater. Beliau berharap teater pendopo dapat terus melahirkan karya-karya terbaik agar dapat mengedukasi anak bangsa.

Leave a Comment